4 Rekomendasi Atap untuk Hunian Minimalis

By Mayawa Gi - Juli 08, 2024

atap minimalis

Rumah bisa terasa nyaman jika Anda membangun seluruh bagiannya dengan tepat. Bicara tentang bagian rumah, atap merupakan komponen penting yang bisa mendukung terwujudnya hunian nyaman dan juga menarik dari segi tampilan. Untuk itu, Anda perlu memilih jenis atap yang sesuai untuk digunakan.

Sebagai contoh jika Anda memiliki hunian berkonsep minimalis, maka supaya tidak hanya kenyaman yang didapatkan melainkan juga tampilan rumah yang cantik, Anda perlu memilih atap minimalis.

Artikel ini akan mencoba memberikan beberapa rekomendasi jenis atap yang bisa digunakan di sebuah hunian berkonsep minimalis. Ikuti ulasan lengkapnya pada pembahasan berikut!

4 Rekomendasi Atap Rumah Minimalis

Konsep rumah minimalis sesuai dengan namanya merupakan konsep yang mengunggulkan kesederhanaan di sebuah rumah, mulai dari pewarnaan hingga desainnya. Oleh karena itu, agar keseluruhan rumah terlihat serasi, Anda sebaiknya mengaplikasikan konsep ini di seluruh bagian rumah, tidak terkecuali pada bagian atapnya.

Apabila Anda ingin mewujudkan hunian minimalis, berikut ini rekomendasi jenis atap yang akan cocok digunakan.

  • Atap Datar

Atap tipe datar menjadi salah satu rekomendasi jenis atap yang akan cocok apabila digunakan di rumah minimalis. Atap ini sering kali ditemukan penggunaannya pada tipe rumah minimalis, terutama yang ingin menampilkan kesan modern.

Tidak hanya itu saja, atap tipe datar juga banyak digemari karena memiliki beberapa kelebihan, termasuk salah satunya bisa difungsikan untuk keperluan lain. Contohnya, yaitu jika Anda ingin membuat ruang tambahan layaknya rooftop, ruang jemuran, maupun taman, jenis atap ini sangat bisa digunakan.

  • Atap Silikon

Tipe atap yang menarik dan juga bisa digunakan selanjutnya pada hunian minimalis, yaitu atap silicon. Ciri khas yang membuat jenis atap ini unik dan menarik ialah sisi-sisi atapnya yang tidak simetris. Tidak hanya itu, atap jenis silikon juga memiliki kemiringan yang cenderung lebih curam apabila dibandingkan dengan jenis atap lainnya.

  • Atap V

Rekomendasi berikutnya untuk atap minimalis, yaitu atap berbentuk V. Bentuk atap ini akan memberikan tampilan atap seperti sayap kupu-kupu. Meski hunian Anda minimalis, namun dengan menggunakan jenis atap ini, rumah Anda akan terlihat tidak membosankan. 

  • Atap Melengkung

Rumah minimalis Anda juga akan cocok apabila menggunakan atap berbentuk melengkung. Curved Roof ini menarik dan bisa membuat tampilan rumah terlihat lebih kekinian.

Tidak hanya itu, menggunakan atap yang berbentuk melengkung juga akan menguntungkan Anda karena bentuknya yang bisa meminimalisir terjadinya genangan air dan sampah di area atap.

  • Atap Miring

Selain ada atap berbentuk datar, Anda yang memiliki rumah minimalis juga bisa mempertimbangkan penggunaan atap dengan desain miring. Dengan mengaplikasikan atap ini, maka Anda bisa membuat tampilan rumah menjadi lebih estetik. 

Kemudian tidak hanya menawarkan keunggulan desainnya yang unik, pembuatan atap ini juga bisa disesuaikan sehingga bisa memberikan Anda ruangan yang cukup untuk membangun loteng di area atas sebagai ruang tambahan.

atap minimalis

4 Cara Mencegah Atap Minimalis Bocor

Meskipun atap yang digunakan di rumah sudah tepat, namun bukan berarti Anda bisa lepas tangan dan tidak memperhatikan perawatan atap. Atap perlu tetap dirawat agar bisa berfungsi dengan baik. Pada poin ini akan dibahas mengenai upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah atap dari mengalami kebocoran.

  • Rutin Melakukan Pemeriksaan

Tidak hanya dinding rumah saja, bagian atap rumah juga perlu diperiksa secara rutin untuk memastikan kondisinya. Apabila setelah diperiksa ditemukan kerusakan yang bisa memicu kebocoran, maka Anda perlu segera memperbaikinya agar permasalahan tersebut tidak semakin parah dan membahayakan penghuni rumah.

  • Memperhatikan Kemiringan Atap

Apapun jenis atap yang Anda pilih, pastikan Anda memperhatikan derajat kemiringan dari atap tersebut. Dengan derajat kemiringan yang pas, maka hal ini bisa mencegah air menggenang di area atap yang bisa saja memicu kebocoran.

  • Memastikan Rumah Cukup Ventilasi

Cara lainnya yang juga bisa dilakukan guna mencegah atap minimalis mengalami kebocoran, yaitu Anda perlu memastikan bahwa rumah Anda memiliki ventilasi yang cukup. Dengan memiliki ruang untuk udara bersirkulasi, maka atap hunian Anda juga terhindar dari kelembaban yang bisa menjadi penyebab utama kebocoran.

  • Mengaplikasikan Waterproofing

Cara pencegahan kebocoran atap berikutnya, yaitu dengan memasang waterproofing. Salah satu produk waterproofing berkualitas yang bisa digunakan untuk melindungi atap, yaitu Sikalastic®-590 Deckseal.

Produk ini berfungsi sebagai pelapis kedap air untuk konstruksi yang baru maupun perbaikan. Tidak hanya itu, produk ini cocok untuk atap-atap berbentuk detail dan kompleks serta akses yang terbatas.

Sikalastic®-590 Deckseal menawarkan ketahanan yang baik terhadap air tergenang dalam jangka waktu yang tertentu, sambil tetap tahan terhadap sinar UV, yellowing, dan cuaca. 

Selain itu, mempunyai elastisitas yang tinggi dan kemampuan untuk menutupi retakan. Tidak hanya itu, formulanya tidak beracun dan sesuai dengan persyaratan VOC untuk lapisan berbasis air, serta tersedia dalam bentuk satu komponen yang siap untuk diaplikasikan. 

Dengan daya rekat yang baik untuk permukaan yang berpori maupun yang tidak berpori, pelapis ini juga menjamin kedap air dengan permukaan yang mulus tanpa ada sambungan, sambil memungkinkan pelepasan uap air dari permukaan ke udara.

Apabila Anda sedang mencari produk waterproofing untuk atap, Sikalastic®-590 Deckseal bisa menjadi jawaban yang tepat.

Kesimpulan

Atap merupakan komponen rumah yang penting untuk diperhatikan pemilihannya. Pasalnya tidak hanya berfungsi untuk melindungi rumah, namun atap juga mempengaruhi tampilan dari hunian. Berdasarkan pembahasan di atas, beberapa jenis desain atap yang bisa Anda pertimbangkan untuk rumah minimalis, yaitu atap berbentuk datar, V, melengkung, serta atap berbentuk miring.

Selain perlu memperhatikan pemilihan jenisnya, atap juga tetap perlu diperhatikan keterawatannya. Pasalnya apabila tidak, atap bisa mengalami kerusakan layaknya kebocoran. Mengaplikasikan waterproofing bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah jenis kerusakan tersebut. Pastikan Anda menggunakan produk yang tepat layaknya Sikalastic®-590 Deckseal.

Sika memiliki banyak produk yang masing-masing memiliki fungsinya sendiri, termasuk Sikalastic®-590 Deckseal. Untuk itu, Anda tidak perlu lagi khawatir terkait kualitas yang ditawarkan dari produk Sika ini.

Sika merupakan pencetus produk waterproofing semen pertama di Indonesia dan telah memiliki pengalaman hingga 113 tahun. Tidak hanya itu, Sika berpengalaman menangani beragam proyek global. Salah satunya di Indonesia yakni proyek hotel dan resor di Yunani.

Apabila Anda tertarik dengan produk Sikalastic®-590 Deckseal untuk melapisi atap minimalis, Anda bisa mendapatkan informasi lebih detail di sini!

  • Share:
  • facebook

You Might Also Like

0 comments